laporan keuangan usaha

1: Pengertian Laporan Keuangan menurut Para Ahli
pengertian laporan keuangan
Fungsi Laporan Keuangan adalah untuk menilai kondisi keuangan perusahaan saat ini dan memprediksi hasil operasi dari arus kas di masa mendatang.

Sebagai contoh, staf kredit di bank menggunakan laporan keuangan perusahaan untuk memutuskan apakah suatu perusahaan layak diberi pinjaman atau tidak.

Begitu pinjaman diberikan, peminjam dapat diminta untuk mempertahankan rasio jumlah aset terhadap kewajiban pada tingkat tertentu.

Dan Laporan keuangan perusahaan digunakan untuk memonitor rasio ini.

Di buku I (pertama) Principles of Accounting – Indonesia Adaptation, Laporan Keuangan adalah laporan yang disiapkan untuk para pengguna setelah transaksi-transaksi dicatat dan dirangkum.

Masih menurut penjelasan dalam buku tersebut, Laporan Keuangan terdiri dari:
Laporan Laba Rugi
Laporan Ekuitas Pemilik
Neraca
Laporan Arus Kas
Definisi Laporan Keuangan dalam buku Essentials of Financial Management karya Eugene F. Brigham menuliskan bahwa:

“Laporan Keuangan adalah beberapa lembar kertas dengan angka-angka yang tertulis di atasnya, tetapi penting juga untuk memikirkan aset-aset nyata yang berada di balik angka-angka tersebut”

Jika kita dapat memahami bagaimana dan mengapa akuntansi ada serta bagaimana laporan keuangan digunakan.

Kita akan dapat membayangkan dengan lebih baik apa yang sedang terjadi dan mengapa informasi akuntansi memiliki arti yang begitu penting.

Sedangkan dalam buku Intermediate Accounting, karya Dr. Zaki Baridwan, Msc. Ak dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dituliskan bahwa:

Pengertian Laporan Keuangan adalah:
definisi laporan keuangan
Masih dalam buku ini, menjelaskan bahwa laporan ini dibuat oleh manajemen dengan tujuan untuk mempertanggungjawabkan pekerjaan yang dibebankan kepadanya oleh para pemilik perusahaan.

Selain itu, laporan ini juga digunakan sebagai laporan kepada pihak-pihak di luar perusahaan.

Ada juga Laporan Keuangan Konsolidasian, di mana menurut Keputusan Ketua Bapepam dan LK  Nomor: Kep-347/BL/2012 tanggal 25 Juni 2012, adalah:

Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan keuangan suatu kelompok usaha yang disajikan sebagai suatu entitas ekonomi tunggal yang menggabungkan seluruh entitas yang dikendalikan oleh emiten atau perusahaan publik, termasuk entitas bertujuan khusus (EBK).

Dari pemaparan mengenai pengertian laporan keuangan, maka sangat penting artinya laporan tersebut bagi:

Bank konvensional dan syariah, seperti: Bank Mandiri, Bank Bri, Bank BCA, OCBC NISP, Bank Muamalat.
Perusahaan publik dan non publik, seperti: Telkom, XL Axiata, Honda, Carrefour, Garuda Food, Garuda Indonesia, Unilever, Indosat, Wika, Kimia Farma, Jasa Marga, Jasa Raharja
Koperasi, restoran, yayasan, masjid, rumah sakit, sekolah, universitas, organisasi nirlaba, LSM, UKM, usaha kecil, online shop, laundry, cafe.




#2: Jenis Laporan Keuangan
jenis laporan keuangan
Secara umum, dan sedikit sudah disinggung dalam pembahasan mengenai pengertian laporan keuangan menurut para ahli di atas, ada 4 (empat) jenis laporan keuangan, yaitu:

Laporan Laba Rugi (Statements of Profit or Loss)
Neraca / Laporan Posisi Keuangan (Statements of Financial Position)
Laporan Perubahan Ekuitas / Modal (Statements of Changes in Equity)
Laporan Arus Kas (Statements of Cash Flows)
Dan sekarang saatnya membahas masing-masing jenis laporan keuangan tersebut, mulai dari pengertian hingga cara membuat dan contohnya.

Then, move onto topics…



#3: Laporan Laba Rugi (Statements of Profit or Loss)
laporan keuangan laba rugi
laporan keuangan laba rugi perusahaan – ilustrasi
Pembahasan topik laporan laba rugi ini, which leads us to…
Pengertian laporan laba rugi
Jenis-jenis laba
Bentuk laporan laba rugi
Elemen-elemen laporan laba rugi
Cara membuat laporan laba rugi
Contoh laporan laba rugi


Pengertian Laporan Laba Rugi menurut Para Ahli
Definisi Laporan Laba Rugi adalah Laporan yang merangkum pendapatan dan beban perusahaan selama suatu periode akuntansi, misalnya satu kuartal atau satu tahun.

Pengertian lain dari laporan laba rugi adalah:

cara membuat laporan laba rugi


Pengertian Laporan Laba Rugi Komprehensif
Kita juga mengenal laporan laba rugi komprehensif. Apa yang dimaksud dengan laporan laba rugi komprehensif?

Menurut Keputusan Ketua Bapepam dan LK  Nomor: Kep-347/BL/2012 tanggal 25 Juni 2012, menyebutkan bahwa:

Laporan laba rugi komprehensif adalah laporan yang menyajikan seluruh pos penghasilan dan beban yang diakui dalam suatu periode.

Unsur laporan laba rugi komprehensif terdiri dari 2 komponen, yaitu:

Laba rugi, dan
Pendapatan komprehensif lainnya
***
Dari uraian pengertian laporan laba rugi di atas kita dapat melihat fungsi laporan laba rugi ini, yaitu sebagai tools (alat) untuk mengetahui pertumbuhan yang dicapai perusahaan.

Dan untuk mengetahui berapa keuntungan yang diperoleh dalam suatu periode.

Dua perusahaan yang memiliki aktivitas hampir sama dalam penjualan, biaya operasi, dan aset, namun perusahaan yang membiayai aktivitasnya dengan hutang akan melaporkan laba bersih yang lebih rendah.

Why?

Karena perusahaan yang memiliki utang mempunyai beban bunga yang dikurangkan dari LABA OPERASINYA.

Oleh karena itu, jika kita ingin membandingkan kinerja operasi perusahaan, penting untuk memusatkan perhatian  pada laba sebelum mengurangi pajak

Dan pemayaran bunga atau biasa dikenal dengan istilah EBIT (earning before interest and taxes).

Laporan laba rugi menyajikan biaya dan pendapatan berdasarkan prinsip matching concept.

Yakni sebuah konsep yang memadankan biaya dan pendapatan yang dihasilkan dalam periode terjadinya biaya / beban tersebut.

Laporan laba rugi juga menyajikan selisih lebih pendapatan terhadap biaya yang terjadi.

Jika pendapatan LEBIH BESAR daripada biaya, selisihnya disebut LABA.

Sedangkan jika biaya melebihi pendapatan selisihnya disebut RUGI.



Jenis-jenis Laba
Jenis laba laporan laba rugi
Macam-macam laba usaha – ilustrasi
Membahas laporan laba rugi, termasuk langkah-langkah membuat laporan laba rugi, tidak akan terlepas dari pembahasan tentang jenis-jenis laba dan akun yang masuk dalam laporan laba rugi.

Jenis-jenis laba antara lain:

Laba Bruto
Definisi Laba Bruto adalah Laba yang diperoleh dari hasil perhitungan Penjualan/ pendapatan dikurangi dengan Harga Pokok Penjualan (HPP)

Laba Operasi
Definisi Laba Operasi adalah laba yang dihitung dari Laba Bruto dikurangi dengan jumlah biaya operasi.

Laba Sebelum Pajak
Definisi Laba Sebelum Pajak adalah Laba yang diperoleh dari akumulasi Laba Operasi dengan pendapatan (biaya) lain-lain. Laba ini juga dikenal laba bersih sebelum pajak.

Laba Setelah Pajak
Definisi Laba Setelah Pajak adalah laba yang diperoleh dari perhitungan laba sebelum pajak dikurangi dengan taksiran pajak penghasilan. Laba setelah pajak dikenal juga dengan laba bersih setelah pajak.

Laba Ditahan Akhir Periode
Definisi laba ditahan akhir periode adalah laba yang diperoleh dari hasil perhitungan laba setelah pajak ditambah laba ditahan awal periode, kemudian dikurangi dengan koreksi laba ditahan.

Kalau ada yang nanya, “laba ditahan masuk dalam laporan apa?”

Salah satu jawabannya adalah dalam laporan laba rugi, di samping juga di neraca.

Untuk memudahkan pemahaman mengenai jenis-jenis laba ini, perhatikan ilustrasi berikut:

Jenis Laba di Laporan Laba Rugi
Ilustrasi: Jenis Laba di Laporan Laba Rugi


Format/Bentuk Laporan Laba Rugi
Bentuk Laporan Laba Rugi dapat di-ilustrasikan dengan sebuah gambar sebagai berikut:

format laporan laba rugi
ilustrasi: format laporan laba rugi


Elemen-elemen laporan laba rugi
Dari ilustrasi bentuk laporan laba rugi di atas, kita dapat membaca bahwa elemen atau akun yang masuk dalam laporan laba rugi adalah:

Penjualan/pendapatan
Harga pokok penjualan (HPP)
Biaya-biaya
Bunga, tax, dan penyusutan


Cara Membuat Laporan Laba Rugi
Untuk membuat Laporan Laba Rugi, kita harus mengerti dan memahami bentuk dan elemen atau akun utama yang masuk dalam laporan laba rugi.

Dua hal ini, yaitu format laporan dan akun utama yang masuk dalam laporan sudah dibahas sebelumnya, lengkap dengan ilustrasi.

Balik ke pertanyaan awal, mengapa harus memahami format dan elemen laporan laba rugi?

I’ll explain…

Misalnya kita akan buat rumah minimalis sederhana, maka kita kan harus tahu bentuk rumah yang akan dibuat. Kemudian komponen eksterior dan interior rumah.

“kan nggak seperti legenda Bandung Bondowoso, yang dalam semalam membuat 1000 candi” 🙂

Demikian juga jika kita akan membuat laporan laba rugi, maka kita pun harus mengerti format laporan dan elemen-elemennya.

Sederhanya seperti ini, kita catat setiap transaksi sesuai dengan jenisnya selama satu periode, misalnya sebulan atau setahun.

Setelah dihitung saldo akhir setiap jenisnya, kemudian sajikan sesuai format laporan laba rugi. Jadi deh sebuah laporan laba rugi. Mudah kan?

I’ll explain with an example…

Perhatikan contoh langkah-langkah membuat laporan laba rugi berikut ini:
Pada tanggal 04 Januari 2018, Pak Budi mendirikan PT Manajemen Keuangan Network yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa Akuntansi Keuangan, kursus & training akuntansi, dan pajak dengan setoran modal awal sebesar Rp 80.000.000.

Aset dan kewajiban, serta pendapatan dan beban PT Manajemen Keuangan Network selama periode tahun 2018 adalah sebagai berikut:

Utang usaha = Rp 12.200.000
Piutang usaha = Rp 31.350.000
Kas = Rp 53.050.000
Pendapatan honor = Rp 263.200.000
Tanah = Rp 80.000.000
Beban lain-lain = Rp 12.950.000
Beban kantor = Rp 63.000.000
Bahan habis pakai = Rp 3.350.000
Beban gaji = Rp 131.700.000
Dari data-data tersebut, dapat dibuat laporan keuangan laba rugi sederhana untuk tahun berjalan yang berakhir pada 31 Desember 2018, sebagai berikut:

contoh Laporan laba rugi excel
keterangan: contoh Laporan laba rugi sederhana excel
simple & cool…



#4: Neraca / Laporan Posisi Keuangan (Statements of Financial Position – Balanced Sheet)
Definisi Neraca
Pengertian Neraca – ilustrasi
Let’s dive right in…

Pengertian Laporan Keuangan Neraca menurut Para Ahl
Format dan komponen-komponen Laporan Keuangan Neraca
Cara Membuat Laporan Keuangan Neraca dan Contohnya


Pengertian Laporan Keuangan Neraca menurut Para Ahli
Definisi neraca adalah suatu laporan mengenai posisi keuangan perusahaan pada suatu titik waktu tertentu.

Ada pengertian lain dari laporan keuangan neraca adalah:

Pengertian neraca keuangan
Neraca mencerminkan “foto” posisi keuangan suatu perusahaan pada waktu tertentu. Bila disajikan dalam bentuk T, maka sisi sebelah kiri laporan neraca menyajikan aset yang dimiliki perusahaan.

Sedangkan sisi sebelah kanan menyajikan kewajiban / utang dan ekuitas / modal perusahaan.

Sampai di sini jelas kan untuk yang menanyakan “Apa yang dimaksud dengan neraca dan laporan laba rugi?”

sekarang dilanjutkan lagi…



Format Laporan Posisi Keuangan / Neraca
Secara umum format neraca (balanced sheet) adalah sebagai berikut:

Format Laporan Keuangan Neraca
Ilustrasi: format neraca perusahaan
Dari ilustrasi format neraca di atas, ada 3 elemen yang menyusun sebuah neraca, yaitu:
Aset
Aset Lancar: kas dan setara kas, piutang usaha, persediaan
Aset Tetap: tanah, bangunan, Mesin
Kewajiban / Utang
Kewajiban Lancar / Utang jangka pendek: upah & pajak yang masih harus dibayar, utang usaha, wesel tagih
Kewajiban jangka panjang
Modal / Ekuitas
Saham biasa
Laba ditahan
Nah, sampai di sini ada yang tanya nih, ” Laba ditahan masuk dalam laporan apa?” jawabannya sudah jelas kan seperti pada penjelasan komponen neraca.



Cara Membuat Laporan Neraca
Untuk bisa membuat laporan keuangan neraca yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK), kita harus mengerti dan memahami bentuk laporan neraca dan elemen-elemen yang menyusun laporan tersebut.

Kalau ada yang nanya “mengapa harus sesuai dengan standar yang berlaku?”

Iya, HARUS sesuai dengan standar akuntansi keuangan, karena laporan keuangan memang ada standarnya yang ditetapkan dan diakui oleh negara dan di dunia.

Kecuali anda akan membuat laporan keuangan untuk diri sendiri, ya monggo, format dan standarnya terserah anda sendiri, namun tidak diakui oleh pengguna lain seperti pajak atau investor:)

Kembali ke cara membuat laporan neraca, cara sederhananya adalah begini, catat semua transaksi yang sesuai dengan elemen-elemen yang menyusun neraca, yaitu ada 3 elemen.

Setelah itu sajikan sesuai dengan format laporan keuangan neraca, jadi deh…

Gampang kan? Ringkasnya seperti itu.
Agar semakin jelas, mari saya sajikan contoh prmbuatan laporan keuangan sederhana neraca berikut ini:

Masih menggunakan data-data dari PT Manajemen Keuangan Network pada contoh pembuatan Laporan Laba Rugi di atas, maka laporan posisi keuangan / neraca per 31 Desember 2018 adalah sebagai berikut:

Neraca
contoh neraca perusahaan




#5: Laporan Perubahan Modal/Ekuitas
laporan perubahan modal adalah
laporan perubahan modal/Ekuitas – ilustrasi
Pembahasan makalah laporan perubahan modal (Statements of Changes in Equity – istilah Laporan Prtubahan Modal in English) antara lain:

Pengertian Laporan Perubahan Ekuitas / Modal
Format Laporan Perubahan Moda
Cara Membuat dan Laporan Perubahan Modal
 Pengertian Laporan Perubahan Ekuitas / Modal menurut Para Ahli
Definisi laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang menyajikan perubahan dalam modal / ekuitas pemilik usaha untuk suatu periode tertentu.

Pengertian lain dari Laporan Perubahan Modal adalah:

laporan perubahan modal adalah
Laporan perubahan modal dibuat setelah laporan laba rugi, kenapa? Karena bagian yang harus ada dalam laporan perubahan modal adalah jumlah laba atau rugi periode pelaporan.

Laporan Perubahan modal juga dibuat sebelum laporan keuangan neraca, kenapa? Karena jumlah modal pemilik pada akhir periode pelaporan harus dilaporkan di neraca.

Jadi, ada saling keterkaitan antara laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan neraca.



Format Laporan Perubahan Modal
Bagaimana format atau bentuk laporan perubahan modal?

Untuk memudahkan pemahaman terhadap format laporan ini, coba perhatikan ilustrasi berikut ini:

rumus laporan perubahan modal
contoh format laporan perubahan modal
Dari ilustrasi format dasar laporan perubahan modal di atas, kita dapat mengetahui bahwa komponen-komponen yang menyusun laporan perubahan modal antara lain:

Modal awal pemilik, bisa satu orang atau beberapa orang tergantung dari jenis entitas.
Tambahan investasi selama periode pelaporan
Laba bersih selama periode pelaporan
Penarikan
Kenaikan pada ekuitas pemilik


Cara Membuat Laporan Perubahan Modal
Dengan menggunakan data-data dari PT Manajemen Keuangan Network seperti pada contoh pembuatan Laporan Laba Rugi di atas, dengan tambahan data sebagai berikut:

Pak Budi melakukan investasi tambahan sebesar Rp 50.000.000 selama periode berjalan.
Pak Budi juga menarik uang sebesar Rp 30.000.000 untuk keperluan pribadi.
Maka sekarang kita buat laporan perubahan modal step-by-step sebagai berikut:

Cara sederhananya hampir sama seperti membuat laporan laba rugi dan neraca, yakni kita hitung saldo tiap elemen, kemudian sajikan sesusai format laporan.

Simple….

Dan untuk laporan perubahan modal,  THEN you get to the result::
Contoh soal jawaban laporan perubahan modal
contoh laporan perubahan modal




#6: Laporan Arus Kas (Statements of Cash Flows)
materi laporan arus kas
Pengertian laporan arus kas – ilustrasi
Apa saja yang akan dibahas pada bagian ini?

Pengertian Laporan Arus Kas
Format Laporan Arus Kas
Cara Membuat Laporan Arus Kas
Pengertian Laporan Arus Kas menurut Para Ahli
Definisi Laporan Arus Kas adalah laporan yang menyajikan dampak aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan suatu perusahaan pada arus kas sepanjang periode akuntansi.

Ada juga pengertian yang disampaikan oleh ahli akuntansi lain, bahwa laporan arus kas adalah:

tujuan laporan arus kas


Format Laporan Arus Kas
Perhatikan format laporan arus kas berikut ini:

manfaat laporan arus kas
contoh format laporan arus kas
Laporan arus kas terdiri atas 3 bagian, seperti yang kita lihat pada format di atas, yaitu:
Aliran kas dari aktivitas operasi
Aliran kas dari aktivitas investasi
Aliran kas dari aktivitas pendanaan
Setiap aktivitas akan dijelaskan secara singkat berikut ini:

Aliran kas dari aktivitas operasi
Pada bagian ini berisi tentang ringkasan penerimaan dan pengeluaran kas dari aktivitas operasi perusahaan.

Arus kas bersih dari aktivitas operasi biasanya akan berbeda dari jumlah laba bersih dalam suatu periode.

Perbedaan ini terjadi karena pendapatan dan biaya belum dicatat pada saat yang sama dengan saat kas diterima dari pembeli atau dibayarkan ke kreditor.



Aliran kas dari aktivitas investasi
Pada bagian ini berisi tentang transaksi kas untuk pembelian dan penjualan dari aset yang sifatnya permanen (aset tetap), seperti tanah, gedung, pabrik, mesin.

Misalnya, PT Manajemen Keuangan Network membeli tanah senilai Rp 80.000.000 seperti pada contoh pembuatan laporan arus kas di bawah.



Aliran kas dari aktivitas pendanaan
Bagian ini melaporkan transaksi kas yang berhubungan dengan investasi kas oleh pemilik, peminjaman, dan penarikan kas oleh pemilik.

Perhatikan contoh laporan arus kas PT Manajemen Keuangan Network, dimana ada tambahan investasi dari Pak Budi selaku pemilik sebesar Rp 50.000.000 dan menarik uang untuk keperluan pribadi sebesar Rp 30.000.000.



Cara Membuat Laporan Arus Kas
Untuk membuat laporan arus kas, sebagai contoh masih menggunakan studi kas PT Manajemen Keuangan Network, seperti untuk membuat laporan laba rugi, neraca, dan laporan perubahan modal.

Untuk memudahkan dalam pembuatan dan menyiapkan laporan arus kas, maka kita membuat ringkasan arus kas untuk kas PT Manajemen Keuangan Network untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2018 sebagai berikut:

cara membuat laporan arus kas
Langkah membuat laporas arus kas: ringkasan arus kas
Saldo kas per 04 Januari 2018 adalah Rp 72.050.000

Which leads us to…

Dari data-data tersebut, maka kita dapat membuat laporan arus kas PT Manajemen Keuangan Network untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2018 sebagai berikut:

laporan arus kas perusahaan jasa
Contoh laporan arus kas perusahaan jasa




#7: Contoh Laporan Keuangan
contoh laporan keuangan perusahaan
contoh laporan keuangan perusahaan dagang, jasa & manufaktur
Berikut ini saya sajikan contoh laporan keuangan perusaahan, dagang, jasa, dan manufaktur, lengkap mulai laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.



Contoh #1:  Laporan keuangan perusahaan dagang
Laporan keuangan perusahaan dagang
Contoh Laporan keuangan perusahaan dagang
PT Hero Supermarket Tbk:
Contoh laporan laba rugi perusahaan dagang:
contoh laporan laba rugi perusahaan dagang
contoh laporan laba rugi perusahaan dagang – bagian 01


contoh laporan laba rugi perusahaan dagang
contoh laporan laba rugi perusahaan dagang – bagian 02


contoh laporan laba rugi perusahaan dagang
contoh laporan laba rugi perusahaan dagang – bagian 03


Contoh Neraca perusahaan dagang:
contoh neraca perusahaan dagang
contoh neraca perusahaan dagang – bagian 01


contoh neraca perusahaan dagang
contoh neraca perusahaan dagang – bagian 02


contoh neraca keuangan perusahaan dagang
contoh neraca perusahaan dagang – bagian 03


Contoh laporan perubahan modal perusahaan dagang:
contoh laporan perubahan modal perusahaan dagang
contoh laporan perubahan modal perusahaan dagang


Contoh laporan arus kas perusahaan dagang:
contoh laporan arus kas perusahaan dagang
contoh laporan arus kas perusahaan dagang – bagian 01


contoh laporan cash flow perusahaan dagangcontoh laporan arus kas perusahaan dagang – bagian 02



Contoh catatan atas laporan keuangan perusahaan dagang:
Contoh Catatan atas laporan keuangan perusahaan dagang
Contoh Catatan atas laporan keuangan perusahaan dagang


Contoh #2: Laporan keuangan perusahaan Jasa
Laporan keuangan perusahaan jasa
Contoh Laporan keuangan perusahaan jasa
PT Pelindo III:
Contoh laporan laba rugi perusahaan jasa:
contoh laporan laba rugi perusahaan jasa
contoh laporan laba rugi perusahaan jasa – bagian 01


contoh laporan aba rugi komprehensif perusahaan jasa
contoh laporan laba rugi perusahaan jasa – bagian 02


Contoh Neraca perusahaan jasa:
Contoh Neraca perusahaan jasa
Contoh neraca perusahaan jasa – bagian 01


Contoh neraca perusahaan jasa:
Contoh neraca perusahaan jasa – bagian 02
Lanjutan neraca…
contoh neraca perusahaan jasa
Contoh neraca perusahaan jasa – bagian 03


Contoh neraca perusahaan jasa
Contoh neraca perusahaan jasa – bagian 04


Contoh neraca perusahaan jasa
Contoh neraca perusahaan jasa – bagian 05


Contoh laporan perubahan modal perusahaan jasa:
contoh laporan perubahan modal perusahaan jasa
contoh laporan perubahan ekuitas perusahaan jasa


Contoh laporan arus kas perusahaan jasa:
contoh laporan arus kas perusahaan jasa
contoh laporan arus kas perusahaan jasa – bagian 01
Lanjutan…

contoh laporan cash flow perusahaan jasa
contoh laporan arus kas perusahaan jasa – bagian 02
Lanjutan…

contoh laporan arus kas perusahaan jasa

contoh laporan arus kas perusahaan jasa – bagian 03

Contoh catatan atas laporan keuangan perusahaan jasa:
Contoh Catatan atas laporan keuangan perusahaan jasa
Contoh Catatan atas laporan keuangan perusahaan jasa


Contoh #3: Laporan keuangan perusahaan Manufaktur
Laporan Keuangan perusahaan manufaktur
Contoh Laporan Keuangan perusahaan manufaktur
PT Krakatau Steel:
Contoh laporan laba rugi perusahaan manufaktur:
contoh laporan laba rugi perusahaan manufaktur
Contoh laporan laba rugi perusahaan manufaktur – bagian 01
Lanjutan…

contoh laporan keuangan laba rugi perusahaan manufaktur
Contoh laporan laba rugi perusahaan manufaktur – bagian 02
Lanjutan…

contoh laporan laba rugi komprehensif perusahaan manufaktur
Contoh laporan laba rugi perusahaan manufaktur – bagian 03
Lanjutan…

contoh laporan laba rugi komprehensif perusahaan manufaktur
Contoh laporan laba rugi perusahaan manufaktur – bagian 04


Contoh Laporan Posisi Keuangan / Neraca perusahaan manufaktur:
Contoh laporan keuangan perusahaan manufaktur - Neraca
Contoh laporan posisi keuangan – 01
Lanjutan…

Contoh Neraca perusahaan manufaktur
Contoh laporan posisi keuangan – 02


Contoh laporan perubahan modal perusahaan manufaktur:
contoh laporan perubahan modal perusahaan manufaktur
contoh laporan perubahan ekuitas perusahaan manufaktur


Contoh laporan arus kas perusahaan manufaktur:
contoh laporan arus kas perusahaan manufaktur
contoh laporan arus kas perusahaan manufaktur – bagian 01
Lanjutan…

contoh laporan aliran kas perusahaan manufaktur
contoh laporan arus kas perusahaan manufaktur – bagian 02
Lanjutan…

contoh laporan cash flow perusahaan manufaktur
contoh laporan arus kas perusahaan manufaktur – bagian 03
Contoh catatan atas laporan keuangan perusahaan manufaktur:
Contoh Catatan atas laporan keuangan perusahaan maufaktur
Contoh Catatan atas laporan keuangan perusahaan maufaktur

#8: Analisis Laporan Keuangan
makalah analisis laporan keuangan
analisis laporan keuangan
Let’s dive right in…
Pengertian analisa laporan keuangan
Rangkuman ukuran-ukuran analisis Laporan Keuangan:
Analisis Profitabilitas
Analisis Solvabilitas
Hubungan antara analisis solvabilitas dan profitabilitas
Contoh Analisis Laporan Keuangan Lengkap


Pengertian analisis laporan keuangan
Laporan keuangan memberikan banyak informasi yang dapat dipakai oleh para pengguna dalam membuat keputusan ekonomi tentang perusahaan.

Untuk melakukan analisis lengkap atas laporan keuangan tersebut dengan menggabungkan ukuran analisis individual.

Prosedur analisis dapat digunakan untuk membandingkan pos-pos di laporan periode berjalan dengan di laporan periode sebelumnya.

Prosedur analisis juga digunakan secara luas untuk memeriksa hubungan di laporan keuangan.

Ukuran-ukuran analisis tersebut, bukanlah tujuan akhir, namun hanya memberikan arah dalam mengevaluasi data keuangan dan aktivitas perusahaan.

Ada faktor-faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan, yaitu tren industri dan kondisi ekonomi secara umum.

Dalam menentukan tren, keterkaitan antar ukuran yang digunakan untuk menilai sebuah perusahaan, harus dipelajari secara seksama.

Indeks dari periode-periode sebelumnya yang dapat dibandingkan juga harus dipelajari.

Data dari perusahaan pesaing dapat berguna dalam menilai efisiensi kegiatan operasi untuk perusahaan yang dianalisis.

Akan tetapi, dalam membuat suatu perbandingan, pengaruh perbedaan dalam metode akuntansi yang digunakan oleh perusahaan juga harus dipertimbangkan.


2. soal pilihan ganda

1.  Pihak-pihak mana saja yang memerlukan laporan keuangan …
A.      Manajemen, investor, kreditur, pemerintah
B.      Investor, satpam, kreditur, manajemen
C.      Kreditur, pemerintah, guru, manajemen
D.     Dokter, investor, pemerintah, kreditur
Jawaban    : A

2.  Laporan yang menunjukkan posisi aktiva, utang, dan modal perusahaan pada saat tertentu, merupangan pengertian dari …
A.      Neraca
B.      Laporan Perubahan Modal
C.      Laporan Laba Rugi
D.     Laporan Arus Kas
Jawaban    : A

3.  Tempat mencatat perubahan setiap pos laporan keuangan yang setiap saat dapatmenunjukkan saldonya disebut…
         a.   Rekening (akun)
         b.   Buku besar
       c.  Transaksi
         d.   Persamaan akuntansi
       e.  Neraca

       jawaban : A


Komentar

Postingan populer dari blog ini

produk jasa

media promosi

menilai perkembangan usaha